#iklan

Misteri Hutan Tertua Pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo

#iklan


Kota Banyuwangi yang ada di Jawa Timur lebih terkenal dengan objek wisata pantainya yang indah dan cocok sekali untuk tempat berselancar, selain dengan pantai yang ada di pulau Bali. Kota yang ada di bagian ujung Timur Pulau Jawa ini selain mempunyai objek wisata pantai yang indah dan eksotis, juga mempunyai objek wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah alas purwo.
Taman Nasional AlasPurwo ini beralokasi di kecamatan Kalipuro, kabupaten Banyuwangi, tepatnya di perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo. Jika dari arah Pelabuhan Ketapang, Alas Purwo ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer, sedangkan jika dari kota Banyuwangi sendiri, Anda hanya menempuh perjalanan yang cukup jauh, yakni sekitar 14 kilometer.

Mengungkap misteri di Taman Nasional Alas Purwo
Nama Alas Purwo sendiri telah diambil dari kata Purwo yang artinya kawitan atau permulaan dari bahasa Jawa, sehingga Alas Purwo mempunyai arti Hutan Pertama atau Hutan Tertua dari Pulau Jawa. Bagi warga Banyuwangi sendiri tempat ini lebih dikenal sangat angker, dan termasuk salah satu tempat yang keramat.
Alas Purwo sendiri dipandang sebagai situs penciptaan atau tanah awal mula. Di sinilah terdapat banyak sekali situs untuk dijadikan tempat bersemedi. Disetiap tanggal 1 suro, warga setempat akan berbondong-bondong datang ke TN Alas Purwo, untuk melaksanakan semedi atau bertapa.
Warga sekitar Alas Purwo percaya jika di sini terdapat istana jin, yang merupakan lokasi berkumpulnya para jin dari seluruh Pulau Jawa. Bahkan berita ini juga diperkuat dengan kondisi Alas Purwo yang hingga kini masih perawan.

Lokasi menarik di objek wisata Taman Nasional Alas Purwo
Hutan bambu, ini adalah salah satu spot menarik yang nanti akan Anda lewati apabila ingin mengunjungi gua istana. Hutan ini masih sangat alami, sehingga tak heran jika udaranya sangat sejuk dan mengandung unsur magis.
Pantai triangulasi, pantai yang hanya berjarak 3 kilometer dari pura giri seloka ini juga masih terbilang alami, dengan pasir putih yang halus, dan hutan pantai yang didominasi oleh pepohonan bogem dan nyamplung. Yang menarik di sini adalah sunsetnya yang tampak sangat cantik.
Sadengan, tempat ini adalah padang savana yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pintu masuk TN Alas Purwo. Di sini Anda akan disuguhi dengan pemandangan ala Afrika, sebab Anda bisa menjumpai kawanan sapi, rusa, banteng, dan apabila beruntung Anda bisa melihat kawanan burung merak.
Sebenarnya masih ada banyak lagi lokasi menarik yang ada di objek wisata Taman Nasional Alas Purwo, seperti pura giri seloka, pantai pancur, situs kawitan, dan gua yang bisa Anda nikmati selama liburan di Taman Nasional bersama keluarga maupun sahabat Anda.

HALAMAN SELANJUTNYA:

#iklan

#Iklan